Kamis, 25 Juni 2015

tutorial hot potatoes

JQUIZ
a.       Kuis Pilihan Ganda
Langkah yang diperlukan untuk membuat Kuis Pilihan Ganda dengan JQuiz adalah :
1.    Aktifkan program Hot Potatoes dengan meng-klik ikon program ini pada desktop komputer anda (atau pada tempat lain).
       2.   Klik ikon JQuiz, maka akan muncul tampilan seperti dibawah:
 
3.      Klik dalam kotak Title, dan tulis judul/nama latihan yang dimaksud.
4.      Dalam kotak pertanyaan (lihat gambar diatas), tulislah pertanyaan anda.
5.      Dalam kotak jawaban (Answer box), tulislah jawaban yang mungkin secara berurutan dari A, B, C, D, E, dst. serta berilah tanda/klik Correct pada jawaban yang paling benar dalam kotak yang disediakan.
6.      Jawaban berikutnya dapat dibuat dengan meng-klik tanda panah ke atas yang terletak di atas opsi jawaban.
7.      Tulis Feedback atau umpan-balik untuk setiap jawaban, baik yang benar atau pun yang salah. Feedback ini sangat berguna untuk mengarahkan pengguna mengenali jawaban, baik salah maupun yang benar. Feedback dapat berupa frase pendek, misalnya ”Jawaban Anda Benar”, atau ”Maaf, Ulangi Lagi”, dll. Feedback ini tidak wajib kita isi.
8.      Pertanyaan berikutnya dapat dibuat dengan meng-klik tanda panah ke atas yang terletak di sebelah kanan nomor pertanyaan.
             9.    Anda juga dapat menambahkan gambar dari komputer kedalam kuis. Caranya adalah                          klik menu tab insert kemudian Picture kemudian Picture from local file. Namun                                    sebelumnya Anda harus menyimpan gambar yang akan Anda masukkan, kedalam satu                         folder dengan proyek JQuiz.

10. Simpan pekerjaan anda pada lokasi yang anda inginkan. Carannya klik File pada  pekerjaan Jquiz kemudian Save As kemudian pilih lokasi penyimpanan.
             11.  Terakhir, data atau file tersebut dapat di export ke HTML atau dalam format web dengan                     cara meng-klik ikon spider’s web button yang terletak pada tool bar, atau melalui menu                       File kemudian Create Web Page lalu Standard Format. Hal ini menjadikan data atau file                       anda tersimpan dalam bentuk web page yang dapat dilihat lewat browser (misalnya                               Mozilla firefox, Internet explorer, dll)
JCLOZE
             1. Aktifkan program Hot Potatoes dengan meng-klik ikon program ini pada desktop                                  komputer anda (atau pada tempat lain).
                         2. klik ikon JQuiz, maka akan muncul tampilan seperti dibawah:
            3.  Klik dalam kotak Title, dan tulis judul/nama latihan yang dimaksud.
            4. Pada kotak bawah kotak title tuliskan kalimat dan blok kata kunci dari kalimat tersebut lalu                 klik gap. Akan muncul gambar seperti dibawah:
            5.  Anda bisa memasukkan clue terkait kata kunci pada kolom clue.
            6. Anda bisa memasukkan alternatif jawaban pada kolom alternative correct answer.
            7. Setelah di gap, tampilan menjadi seperti gambar dibawah:
i                 8. Simpan pekerjaan anda pada lokasi yang anda inginkan. Carannya klik File pada pekerjaan                   Jcloze kemudian Save As lalu Pilih lokasi penyimpanan.
             9. Terakhir, data atau file tersebut dapat di export ke HTML atau dalam format web dengan                    cara meng-klik ikon spider’s web button yang terletak pada tool bar, atau melalui menu                        File kemudian Create Web Page lalu Standard Format. Hal ini menjadikan data atau file                      anda tersimpan dalam bentuk web page yang dapat dilihat lewat browser (misalnya                              Mozilla firefox, Internet explorer, dll)

JCROSS
           1. Aktifkan program Hot Potatoes dengan meng-klik ikon program ini pada desktop komputer                anda (atau pada tempat lain).
           2. Klik ikon JQuiz, maka akan muncul tampilan seperti dibawah
           3. Klik dalam kotak Title, dan tulis judul/nama latihan yang dimaksud
           4. Tuliskan jawaban (kata kunci) pada kotak-kotak seperti teka-teki silang.
             5. Klik add clues, maka akan muncul gambar seperti dibawah:
                                     6. Tulis clue pada tiap-tiap kata kunci. Lalu klik ok.
                        7. Simpan pekerjaan anda pada lokasi yang anda inginkan. Carannya klik File pada pekerjaan                  Jcross kemudian Save As lalu Pilih lokasi penyimpanan.

3.              8. Terakhir, data atau file tersebut dapat di export ke HTML atau dalam format web dengan cara            meng-klik ikon spider’s web button yang terletak pada tool bar, atau melalui menu File                         kemudian Create Web Page lalu Standard Format. Hal ini menjadikan data atau file anda                     tersimpan dalam bentuk web page yang dapat dilihat lewat browser (misalnya Mozilla firefox,             Internet explorer, dll).
              untuk hasil dari hot potatoes, bisa di download di link 
            https://www.dropbox.com/s/cqirp9iiwgo47hc/fix.jms?dl=0






0 komentar:

Posting Komentar